Kamis, 29 April 2010

SINDROM LOGAT ASING

Kompas.com, 21 April 2010 (Foto: Ilustrasi)


Sarah Coldwill (35) yang tinggal di Plymouth, Inggris barat-daya tiba-tiba menjadi orang aneh bagi rekan-rekan dan saudaranya, bahkan bagi putrinya.

Ia berbicara dengan logat China, padahal ia belum pernah menginjakkan kakinya di negeri tirai bambu itu.

"Saya berbicara dengan putri tiri saya melalui telepon dari rumah sakit dan ia tak mengenali suara saya. Ia mengatakan suara saya terdengar seperti suara orang China. Sejak itu, teman-teman saya menutup telepon dari saya, karena mereka mengira saya penelepon palsu."

April lalu, ia menderita sakit kepala sebelah akut yang membuat dirinya mengalami sejenis kerusakan otak atau Sidrom Logat Asing (FAS/Foreign Accent Syndrome).

FAS telah didokumentasikan di seluruh dunia dan biasanya berkaitan dengan stroke atau cedera otak traumatis. Sindrom tersebut pertama kali dicatat pada awal abad 20 dan ada pendapat yang menyatakan bahwa penyakit itu hanya menyerang sebanyak dua lusin orang di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar