Jumat, 02 April 2010

SAJIAN GUNUNG BERAPI

Kompas.com, 2 April 2010 (Foto: Ilustrasi)

Sekelompok kepala juru masak Islandia menawarkan pengalaman gastronomi menarik.

Para pelanggan dipersilahkan untuk makan makanan yang dimasak di atas lahar panas dan disajika
n di dekat gunung berapi yang sedang meletus.


Fridgeir Eiriksson, salah satu pencetus ide, mendapat kabar mengenai letusan di gunung berapi Fimmvorduhals di bagian tengah gletser Eyjafjallajokull di Islandia selatan pada 21 Maret. Beberapa hari kemudian, ia dan tiga rekannya di restoran hotel mewah Reykjavik mengirim begitu banyak champagne hingga ke kaki gunung tersebut dengan menggunakan dua truk.

Mereka lalu mendirikan tempat makan malam di sebuah ladang lahar panas dengan hamparan karpet merah, meja kecil dan dua kursi berbantalan untuk dua pelanggan restoran yang diter
bangkan helikopter.

"Kami tak tahu yang akan kami hadapi nanti, ketika kami mendekati gunung berapi itu. Jadi kami membawa topeng las dan sarung tangan karena kami ingin memasak makanan di lahar itu sendiri," kata Eiriksson.

"Kami tak menggunakan alat apa pun karena kami tak pernah mendekati lahar yang bergolak, tapi temperatur panas di sekeliling ladang lahar tersebut saya rasa cukup untuk membuat masakan menjadi matang," katanya.

Sajiannya adalah sop lobster, lobster bakar dengan bawang putih dan bawah merah yang dibakar di lahar dan champagne Veuve Clicquot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar