Jumat, 21 Mei 2010

BLACKBERRY SAMPAH

Tempo Interaktif, 21 Mei 2010 (Foto: Ilustrasi)


Biffa punya cara sendiri untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satu perusahaan pengumpul sampah di Inggris ini telah "mempersenjatai" 1.500 petugas sampahnya dengan blackberry. Tujuannya, kata juru bicara Biffa, "Agar mereka bisa bekerja lebih cepat."


BlackBerry yang dipakai adalah Rugged BlackBerry yang khusus dipakai orang-orang lapangan. Peranti ini lebih tahan goncangan karena ada pelindung khusus. Dengan BlackBerry ini, mereka mengumpulkan data sampah yang diambil dari pelangggan, mengunduh peta, dan berkomunikasi dengan kepala kantor.

Peranti ini juga digunakan untuk memotret tempat sampah yang diisi secara berlebihan oleh pemilik rumah atau tempat sampah yang tak memisahkan sampah basah dan kering.


Peranti ini juga dipakai untuk pemantauan kantor pusat. Mereka bisa melacak lokasi truk sampah sudah sampai di mana. Ini untuk menjamin sistem operasi yang efisien dan tak mengganggu lingkungan.

Untuk biaya BlackBerry, Biffa mengeluarkan dana 1,75 juta pound sterling (Rp 236 miliar). "Dengan alat ini Biffa bisa mengumpulkan sampah jauh lebih efisien."


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar