Senin, 14 Desember 2009

SETIAP HARI, ADA 600 MOBIL BARU DI JAKARTA

VIVAnews, 14 Desember 2009 (Foto: Ilustrasi)

Sepanjang 2009, setiap hari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerima pendaftaran mobil baru sebanyak 600 unit. Sedangkan sepeda motor mencapai seribu unit.

"Jumlah ini sedikit menurun ketimbang tahun lalu, tapi penurunannya hanya 10 persen," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Condro Kirono, Senin (14/12/2009).

Dia tidak menampik bahwa penyebab kemacetan yang setiap hari terjadi di Ibukota Jakarta yakni pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor. Kendati demikian, kata Condro, peredaran kendaraan bermotor baru di Jakarta tidak dapat dibatasi oleh polisi karena hal itu merupakan hak anggota masyarakat.

Condro menambahkan banyaknya kendaraan bukanlah satu-satunya penyebab kemacetan.rah lagi dengan banyak ruas jalan yang digunakan sebagai lahan parkir," katanya.

Menurut Condro, salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi kemacetan yakni mengajak warga menggunakan sepeda dan tentunya mesti dibarengi dengan pengadaan jalur khusus sepeda. "Bukan hanya mengurangi kemacetan tapi juga mengurangi polusi udara di Jakarta," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar